Selasa, 16 Agustus 2016

Kawah Ratu Gunung Halimun Salak. Si Unyu yang Berlumpur dan Bau

Gunung Halimun Salak yang keliatan unyu dan emang ngga terlalu tinggi ini emang ngeledek banget minta dieksplor. Gue pun memaksa temen gue (yang padahal udah berkali-kali kesini untuk nemenin temennya yang lain layaknya guide) untuk sekali lagi menjajaki jalan setapak Gunung Halimun Salak.

Sampai di pos pendaftaran kita ditanya mau kemana. Karna emang di Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini ada beberapa destinasi wisata. Dan yang paling favorit itu Curugnya yang lumayan banyak. Kami berempat memulai perjalanan setelah daftar dan berdoa di pos pendaftaran. Untuk SIMAKSI kami berempat dikenakan 10k per orang dan materai 6000 seharga 10k (?).

Mulai pendakian, jalan masih landai dan seperti berjalan di belakang rumah. Tapi ngga lama tanjakan-tanjakan pendek yang terdiri dari tanah dan kapur pun minta banget dilaluin. Setelah pertigaan Curug dan Kawah, jalan pun makin kecil dan berlumpur. Iya banget ini mah kita bakal kotor-kotoran.

Lumpur disini sebenernya ngga sepenuhnya lumpur kayak yang ada di petakan sawah, tapi terbentuk dari air-air yang menggenang tercampur dengan tanah dan batu. Tiga dari kami berkali-kali kecebur genangan air yang bikin langkah jadi berat. Dan, salah banget gue pake celana jeans. Gue kira trek nya ngga terlalu maksa gue untuk kotor dan basah, tapi apa daya, gue harus megangin celana biar ngga kedodoran. Tau kan rasanya make celana jeans basah, kita berasa jadi make celana minjem.

Sekitar tiga perempat perjalanan tiba-tiba hujan rintik-rintik mulai netes dari daun-daun pepohonan yang lebat banget di sekitar jalan setapak.

Rintikan hujan mulai berubah jadi gerimis sampai kita tiba di Kawah Mati. Dan kami pun memutuskan untuk tinggal sebentar di Kawah Mati karena kabut yang turun tebal banget (sampe ngga kelihatan jalannya sama sekali) dan ngga baik buat kesehatan juga kalo kita ada di Kawah waktu hujan turun. Jadilah gabut di Kawah Mati nungguin ujan berenti. Padahal kita neduh pun ngga.

Penampakan Kawah Mati

Untungnya ngga lama hujan mulai reda dan kabut mulai kabur. Setelah puas ngambil gambar di kawah mati, kami pun melanjutkan ke destinasi utama kami yaitu Kawah Ratu.

Kira-kira menghabiskan waktu 20 menit perjalanan dari Kawah Mati ke Kawah Ratu. Aroma dan hawa mulai berubah. Bau belerang yang khas lumayan nyengat hidung. Apalagi belerangnya baru aja diguyur hujan walaupun ngga terlalu deras.

Kata temen gue, kalo ngga kena hujan, view Kawahnya bakal putih banget. Dan iya sih waktu gue liat foto dia disini sebelumnya emang serasa dia foto di salju. Keren banget view nya. Kalo pas gue kesini malah keliatan kayak lagi foto dengan view asep pembakaran sampah. Wkwkwk.

Keliatannya pendek, tapi aslinya jarak antara tempat kita berdiri dengan asep asep itu lumayan tinggi.

Kayaknya kita cuma ngabisiin waktu setengah jam di Kawah Ratu dan akhirnya memutuskan pulang. Rasa lelah pas perjalanan kesini ngga sepenuhnya terbayarkan karna temen gue nyesel ngga bawa hamock. Kita pun istirahat duduk di batu seadanya.

Pas perjalanan pulang dari Kawah Ratu ke Pos Pendaftaran, kita banyak ketemu pendaki lain yang katanya mau daki si imut Salak. Dan tiba-tiba kita berempat jalan misah. Untungnya misahnya berdua-dua, jadi ngga terlalu khawatir banget lah. Soalnya pas kita turun kan udah sore, jalan setapak jadi gelap banget. Kita ngga ada sama sekali yang bawa senter atau headlamp. Kabut dan kesunyian mulai nemenin perjalanan turun kami. Gue pun mulai berubah menjadi cewek super bawel yang terus nyari obrolan biar suara alami hutan yang berbisik ngga terlalu jeblosin kami ke sunyinya hutan sore itu.